Tips

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus – Joran merupakan salah satu alat pancing yang memegang peranan penting dalam hobi memancing. Alat pancing ini berfungsi sebagai dudukan reel, ujung atau sandaran tali yang mengarahkan tarikan ikan.

Menggunakan kail memudahkan anda untuk mengait ikan dan juga melindungi tangan anda dari bahaya bergesekan dengan tali pancing saat melawan tarikan ikan. Selain itu, dengan bantuan joran, Anda bisa menggunakan beberapa teknik memancing.

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Sebelum memancing, sebaiknya Anda mengetahui berbagai jenis joran yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Karena jika umpan tidak teridentifikasi dengan benar maka hasilnya tidak akan maksimal.

Joran Pancing Serat Karbon Casting Spinning,joran Pancing Kosong Ultra Ringan 1.8m 2.1m 2.4m 2 Bagian

Berikut beberapa jenis umpan yang harus Anda ketahui; Pertama ada spinnerbait, yang membutuhkan ketelitian. Umpan untuk tempat yang sulit dijangkau. Lalu ada casting rod untuk mancing dari atas karang. Memancing umpan, memancing umpan dan memancing umpan untuk umpan.

Selain itu, ada memancing dengan trolling dan mancing. Kemudian umpan es untuk tempat beku. Untuk digunakan dengan joran khusus, lalat dengan joran. Joran udara (teleskopik), biasanya untuk pemancing. Joran bambu (walesan) untuk sistem galatama. Terakhir, tiang untuk jarak dekat.

Bagi kebanyakan pemancing, mencari tahu umpan mana yang akan digunakan mungkin tidak terlalu sulit. Namun bagi pemula, beberapa tips pemilihan joran di bawah ini bisa dijadikan acuan sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Sebenarnya tidak wajib, namun sangat dianjurkan, agar tidak terjadi kendala saat melakukan kegiatan memancing. Misalnya, joran biasanya digunakan dalam teknik casting di tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan presisi tinggi. Jika Anda menggunakan tongkat bambu, Anda akan kesulitan menangkap ikan. Pilih sesuai dengan teknik memancing masing-masing.

Tips Memilih Reel Spinning Yang Bagus Untuk Pemula

Setiap tempat memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu penggunaan joran juga harus diatur. Sesuaikan penggunaan umpan dengan kondisi tempat, dari panjang, bahan dan bahan harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi tempat yang ingin dituju.

Jika menggunakan spinning reel, pilihlah joran dengan jenis reel di bawah ini. Demikian juga, jika Anda memilih untuk menggulung umpan, gunakan umpan dengan gulungan atas. Jangan lakukan apapun.

Setiap teknik mancing membutuhkan panjang joran yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti spot misalnya spot air tawar yang banyak semak dan dahan pohon. Menggunakan tongkat yang panjang membuat Anda sulit mengatur diri sendiri dengan tongkat yang sangat panjang. Untuk melakukan ini, tentukan panjang batang dengan titik dan teknik.

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Diameter batang tidak penting dalam penentuan ini. Karena diameter joran yang besar, sangat tidak nyaman untuk dipegang saat pemancing memiliki tangan yang kecil. Perhatian juga harus diberikan pada hal ini di daerah penangkapan ikan. Jika lokasi mancing anda berada di lautan dimana ikan besar menjadi target anda, jangan memilih joran yang diameternya lebih kecil.

Joran Pancing Musim Dingin Kualitas Tinggi 58cm Joran Pancing Es Indah Kombo Joran Pancing 2000 Gulungan.jpg

Ini adalah beberapa tips untuk memilih umpan terbaik. Pastikan Anda nyaman menggunakan umpan. Ada baiknya juga untuk bertukar pendapat dengan ahli memancing. Semoga beruntung! Saat memilih umpan, harus didasarkan pada tujuan, apakah itu untuk kompetisi atau hanya untuk bersenang-senang. Jika ingin mengikuti perlombaan/galatama sebaiknya menggunakan tongkat yang ujungnya lentur. Karena waktu belajar ikan lebih pendek dari joran yang lentur di tengah.

Umpan pertandingan/galatama harus dipilih tanpa sambungan (1 buah). Batang teleskopik tidak disarankan karena setiap sambungan mudah diubah, sehingga mengurangi kelenturan dan mendistribusikan gaya.

Kontras antara joran pendek dan panjang sejauh ini tidak menjadi masalah, namun panjang joran yang ideal untuk kompetisi adalah sekitar 168-180 cm. Joran panjang bisa melontarkan umpan sangat jauh, namun disesuaikan dengan area kolam yang sempit sehingga tidak bertahan lama seperti di laut.

Untuk pemancing rekreasi, sebaiknya gunakan batang fleksibel di tengah, sehingga pemancing dapat menikmati waktu belajar yang lama, meskipun hanya menangkap ikan kecil.

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik (terbaru 2023)

Joran yang patah saat digunakan untuk melatih ikan bukanlah kesalahan penjual atau pembuatnya. Terus terang joran yang patah adalah kesalahan pemancingnya sendiri, yaitu membebani joran melebihi kapasitasnya.

Joran di kolam atau laut sering kali dihasilkan dari pemancing yang memutar pergelangan tangan atau menggunakan siku untuk menyentakkan joran. Rotasi ini melebihi sudut 90 derajat, yang menyebabkan batang segera patah.

Mengayunkan lengan dan menggerakkan pergelangan tangan ke belakang sudah cukup untuk memukul tongkat. Hal ini memungkinkan kail untuk menahan mulut ikan tanpa terlalu membebani kail.

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Setelah memancing, bilas joran Anda dengan air sabun untuk menghilangkan kotoran dan bau. Jika perlu, lapisi tongkat dengan cairan (WD40) agar kotoran/debu tidak cepat menempel. Pastikan Anda mengelap dan mengeringkannya secara menyeluruh sebelum disimpan.

Pelaut Merek Falcan Ii/seri Falconii Joran Pancing Putar Karbon Tinggi/joran Casting 2.4m Ul/l/ml/m/mh/h/xh 1 80g Joran Laut

Simpan tongkat Anda di tempatnya, jauh dari sinar matahari langsung, karena tongkat menjadi rapuh/kering jika terkena sinar matahari dan karenanya mudah patah. Tips mancing, cara memilih umpan terbaik. Hei Memancing Frenzy! Joran atau kail merupakan salah satu alat pancing utama. Fungsi joran adalah untuk memasang tali pancing, yang dipasang langsung (jenis Tegeg) atau dipasang pada reel. Ada berbagai jenis dan ukuran umpan. Untuk ini, Anda dapat menggunakan tautan di bawah ini untuk mempelajari cara menggunakan joran air tawar.

Baca Juga: Cara Memilih Tali Pancing / Tali Pancing Terbaik Lebar, panjang, dan kelenturan joran bervariasi. Itu tergantung di mana Anda ingin memancing. Pada umumnya umpan yang paling baik adalah jenis umpan yang cukup keras sehingga tidak akan patah saat anda menarik ikan yang terpasang pada kailnya. Selain sifatnya yang kaku, umpan terbaik cukup fleksibel menahan tarikan ikan tanpa mengganggu tali pancing.

Di bawah ini adalah jenis-jenis umpan yang biasa digunakan di air tawar, namun bisa juga digunakan untuk memancing di laut.

Batang pemintal adalah batang grafit atau fiberglass dengan linggis atau pegangan busa PVC. Panjangnya sekitar 5 sampai 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 meter). Batang pemintal biasanya memiliki lima hingga delapan panduan cincin berdiameter besar yang terletak di bagian bawah batang untuk membantu kontrol garis / garis. Dari batang hingga ujung batang, ukuran ring guide lebih kecil.

Jenis Joran Pancing Untuk Kamu Yang Hobi Memancing

Pada batang pemintal, dudukan gulungan biasanya terletak di bagian bawah batang, dan gulungan biasanya dipasang ke batang dengan kunci gulungan jenis geser-putar. Joran ini merupakan jenis joran yang populer dan banyak digunakan untuk mancing ikan air tawar. Jika pemancing menggunakannya untuk mancing di laut, biasanya joran yang digunakan lebih panjang dari biasanya.

Cara paling mudah untuk membedakan joran jenis ini dengan joran spinning adalah posisi atau letak reel pada reel. Berbeda dengan jenis joran pemintalan, joran baitcasting memiliki penahan spool di bagian atas, sehingga ring guide juga berada di atas joran, dan gagang pelepas tali (casting trigger) ada di bawah.

Batangnya sendiri terbuat dari grafit atau fiberglass dengan busa atau pegangan PVC dan tidak berbeda dengan pemintal, panjangnya 5 sampai 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 m). Jenis casting biasanya memiliki lima sampai delapan ring guide untuk membantu memandu pancing/line. Ini mirip dengan tipe putaran karena ukuran panduan cincin lebih kecil di ujung batang.

Cara Memilih Joran Casting Yang Bagus

Jadi, satu-satunya perbedaan mencolok antara kedua jenis joran di atas adalah dudukan spul pada joran. Perhatikan perbedaannya pada gambar di bawah ini.

Pemburu Sepit Biru: Cara Memilih Joran Dengan Tepat

Jenis umpan lainnya adalah teleskopik. Seperti namanya, joran ini dapat diperpendek dari ukuran normalnya dan didesain untuk mudah dibawa. Batang jenis ini dapat menyusut dari batang berukuran 20 atau 30 kaki menjadi satu setengah kaki. Ini membuatnya sangat mudah untuk diangkut dan menjadi umpan favorit bagi pemancing yang suka bepergian.

Batang teleskopik terbuat dari bahan yang sama dengan batang lainnya, yaitu grafit dan fiberglass atau komposit. Bahan-bahan ini dirancang untuk meluncur di atas satu sama lain untuk memfasilitasi pemanjangan atau pemendekan batang. Joran dilengkapi dengan ring guide, seperti pada dua tipe sebelumnya. Semakin tinggi jumlah ring guide, semakin baik kekuatan joran untuk mengurangi hambatan ikan.

Nah itulah ketiga jenis joran atau joran pancing tersebut. Seperti pancing, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap pemancing memiliki selera yang berbeda. Jenis umpan terbaik tidak dianggap terbaik oleh pemancing lainnya. Faktor seperti memancing dan menemukan ikan target juga sangat berpengaruh. Joran dengan kekuatan besar tidak cocok untuk memancing kecil. Sebaliknya, memancing di laut untuk ikan besar akan sia-sia jika menggunakan umpan yang kurang kuat.

Baca Juga: Istilah-Istilah Populer Dalam Dunia Perikanan, Mancing Mania Wajib Tahu! Memilih umpan terbaik membutuhkan latihan. Untuk menjadi pemancing yang baik, Anda harus memiliki waktu terbang untuk mempelajari cara membuat pilihan yang berbeda, cara mencocokkan joran dengan gulungan yang tepat, dan memilih tali pancing dan umpan yang tepat. Anda punya banyak cara. Hal ini dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tahan lama dan tidak luntur sepanjang hari. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan spray saat merias wajah. Kamu harus […]

Jenis Joran Yang Harus Diketahui Pemancing Terbaru 2022

– Diperlukan untuk membuat pembersih udara

Cara memilih joran tegek yang bagus, cara memilih kulkas yang bagus, joran casting yang bagus, cara memilih joran casting, bahan joran casting yang bagus, joran pancing casting yang bagus, cara memilih joran casting untuk pemula, cara memilih catokan yang bagus, cara memilih setrika yang bagus, cara memilih joran yang bagus, merk joran casting yang bagus, tips memilih joran casting

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: