Tips

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus – Tips memancing, cara memilih joran terbaik. Hai Mania Mancing! Joran atau joran merupakan salah satu alat utama dalam memancing. Fungsi joran adalah untuk menyambung tali pancing, baik disambung langsung (tegek hala) maupun disambung ke gentong. Pancing datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk itu anda bisa menggunakan referensi dibawah ini untuk mengetahui joran mana yang digunakan untuk mancing di air tawar dan bagaimana cara memilih joran yang terbaik dan paling cocok untuk anda gunakan.

Baca juga: Cara Memilih Tali Pancing / Tali Pancing Terbaik Joran bervariasi dalam ukuran, panjang dan kelenturan. Itu tergantung di mana Anda memancing dan jenis ikan apa yang ingin Anda tangkap. Pada dasarnya joran yang terbaik adalah jenis joran yang cukup keras sehingga tidak patah saat anda menarik ikan yang tersangkut di kail anda. Selain tangguh, joran terbaik ini memiliki keistimewaan yang cukup lentur untuk menahan tarikan ikan dan tidak membuat joran putus.

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Berikut ini adalah jenis-jenis joran yang biasa digunakan di air tawar, namun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk mancing di laut.

Cadangan Jenama Joran Pancing Terbaik Di Malaysia

Joran pemintal adalah joran yang terbuat dari grafit atau kaca dengan gabus atau busa PVC. Panjangnya kira-kira 5 sampai 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 m). Batang pemintal biasanya memiliki lima hingga delapan pemandu berdiameter besar yang ditempatkan di sepanjang dasar batang untuk membantu mengontrol garis. Ukuran ring guide dari ujung ke ujung bar akan lebih kecil.

Dudukan reel pada joran jenis ini biasanya terletak di bagian bawah joran, dan tali pancing biasanya dipasangkan pada joran dengan pengunci yang dikunci oleh joran sliding. Joran jenis ini merupakan jenis joran yang populer dan banyak digunakan untuk mancing ikan air tawar. Jika pemancing menggunakannya untuk senar, putaran joran biasanya lebih panjang dari biasanya.

Cara termudah untuk membedakan alat jenis ini dengan alat rolling adalah posisi atau penempatan laras pada alat. Berbeda dengan model spinning, joran baitcasting memiliki dudukan reel di bagian atas, sehingga pengatur reel masih berada di atas joran dan pegangan untuk melepas senar (memutar cast) ada di bagian bawah.

Tiangnya sendiri tidak berbeda dengan jenis pemintalan, terbuat dari grafit atau kaca dengan busa atau PVC dan panjangnya antara 5 dan 8,5 kaki (1,5 hingga 2,6 m). Jenis pengecoran umpan biasanya memiliki lima hingga delapan pemandu cincin untuk membantu mengontrol tali pancing. Ini memiliki kemiripan dengan pemintal serupa dalam hal ukuran pemandu cincin mengecil ke arah ujung batang.

Tips Memilih Joran Pancing Terbaik

Oleh karena itu, satu-satunya perbedaan yang mencolok dari kedua jenis stik di atas adalah dudukan roda pada stik tersebut. Perhatikan perbedaannya pada gambar di bawah ini.

Jenis joran selanjutnya adalah telescopic. Seperti namanya, alat ini dapat dipersingkat dari ukuran biasanya dan dirancang untuk mudah dibawa. Tiang jenis ini dapat dipersingkat ukurannya dari tiang berukuran 20 atau bahkan 30 kaki menjadi setengah kaki. Ini membuatnya sangat mudah dibawa dan menjadi joran favorit para pemancing yang suka bepergian.

Joran teleskopik terbuat dari bahan yang sama dengan joran lainnya, dari bahan grafit dan fiberglass atau komposit. Bahan-bahan ini dirancang untuk meluncur di atas satu sama lain sehingga alat dapat dengan mudah diperpanjang atau diperpendek. Joran ini juga dilengkapi dengan ring control, seperti pada dua model sebelumnya. Semakin banyak pemandu cincin, semakin baik kekuatan joran untuk mengurangi ketahanan ikan.

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Jadi, ada tiga jenis joran atau joran pancing. Sama seperti pancing, masing-masing memiliki pro dan kontra. Setiap pemburu juga memiliki selera yang berbeda. Jenis joran terbaik belum tentu terbaik untuk pemancing lainnya. Faktor perburuan dan tujuan yang dicari juga harus memiliki pengaruh yang besar. Joran berkapasitas besar tidak akan nyaman digunakan untuk memancing ikan kecil. Sebaliknya mancing di laut yang mengincar ikan besar tidak ada gunanya jika menggunakan joran yang kurang kuat.

Sebelum Membeli Joran Pancing, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Baca Juga: Aturan Terkenal Di Dunia Mancing, Mancing Mania Wajib Tahu! Memilih joran terbaik membutuhkan pengalaman. Anda harus memiliki waktu terbang agar bisa belajar membuat banyak pilihan, mulai dari cara mencocokkan joran dengan joran yang tepat, memilih pancing dan umpan yang tepat agar bisa menjadi pemancing yang handal. digunakan dalam teknik penangkapan ikan. Persyaratan untuk menangkap ikan bass dan ikan air tawar sangat berbeda. Untuk syarat joran yang kuat kita harus mengetahui banyak cara mancing dan kegunaannya untuk mancing.

Misalnya teknik menangkap ikan kakap membutuhkan banyak syarat atau teknik, sedangkan teknik menangkap ikan air tawar mungkin tidak sebaik teknik menangkap arang laut. Jika kita sudah memahami cara memilih tindakan dan menggunakan ….

Timbal adalah bahan dengan sifat lunak, padat, ringan dan kuat, tetapi grafit adalah penghantar listrik yang baik.

Sifat bahan karbon adalah memiliki sifat yang cukup kuat untuk menahan tekanan. Dan sifat dari kaca adalah memiliki sifat yang sangat keras, lentur dan tidak mudah pecah. Oleh karena itu, sistem campuran dikeluarkan yang baik untuk kebutuhan peralatan memancing seperti joran.

Mengenal Lebih Jauh Jenis, Karakteristik, Kegunaan Serta Bahan Pembuatan Joran

Joran dengan bahan seperti serat karbon dengan kaca memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keunggulannya sangat kuat dan sangat fleksibel, permasalahannya jika joran menerima beban tekan yang melebihi kapasitasnya maka joran akan patah menjadi dua.

Sifat bahan grafit memang keras dan kuat, namun bahan grafit juga merupakan bahan kelistrikan yang baik, jadi berhati-hatilah saat memancing ikan di laut atau air tawar, apalagi saat musim hujan yang banyak sambaran petir. Saran saya, jika anda mancing ikan laut atau air tawar sebaiknya tidak menggunakan joran yang bahan utamanya terbuat dari grafit, melainkan hanya joran yang terbuat dari karbon dan fiberglass.

Bahan grafit dikenal sangat baik sebagai bahan utama dalam pembuatan joran, apalagi jika dipadukan dengan material karbon dan kaca maka dihasilkan joran dengan kualitas terbaik. Karena perpaduan ketiga unsur utama tersebut mampu membuat joran yang sangat kuat, sangat lentur, ringan dan halus serta tahan lama.

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Saat ini banyak joran yang menggunakan bahan fiberglass atau kaca dengan E-Glass yang kualitasnya lebih baik lagi, seperti joran Penn International dan joran Daiwa.

Cara Tepat Merawat Joran Pancing Kesayangan

Jika anda ingin membeli joran untuk memancing dengan teknik tertentu, usahakan untuk mencari joran yang menggunakan bahan E-Glass. Joran pancing ini lentur namun sangat kuat menahan beban berat.

Bahan seperti ini banyak digunakan untuk membuat joran yang memiliki karakteristik Ringan, Kuat dan tahan lama, dan bahan grafit terlindung dengan bahan baru yaitu E-Glass sehingga mengurangi petir karena grafit terlindung. listrik yang baik.

Dengan tersedianya kombinasi material baru ini, banyak joran pancing lumba-lumba membuat joran dengan kualitas terbaik yaitu ringan, kuat dan tahan lama. Joran Ultralight merupakan joran yang berukuran lebih kecil dan ringan dari joran biasa pada umumnya. Mancing ultralight sendiri memiliki aturan dan pengaturan tersendiri seperti yang telah dijelaskan pada postingan kami sebelumnya. Salah satunya memiliki aturan untuk joran atau tiang maksimal 6 kg dengan panjang minimal 180cm. Joran ultra ringan ini sering digunakan dalam teknik casting, namun ada juga yang menyimpannya dalam teknik jigging dengan lure block jig.

Yang perlu anda ketahui sebelum memilih joran yang bagus untuk mancing ultralight bisa anda baca artikel dibawah ini :

Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet

Untuk memilih joran ultralight terbaik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis joran apa yang ingin Anda beli. Ada dua jenis joran, yaitu joran spinning dan joran umpan. Joran pancing adalah joran yang dibuat untuk menahan joran pemintal yang biasanya diletakkan di bawah gagang joran, sedangkan joran adalah joran yang dibuat untuk menahan joran umpan yang biasanya diletakkan di atas tangan.

Untuk memilih joran ultralight terbaik, anda harus mengetahui trik dan tips memilih joran yang bagus. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih joran yang tepat:

Biasanya banyak pemancing yang memilihnya dari gabus atau busa EVA untuk titik awal yang lebih nyaman dan nyaman. Panjang perawatan ini bervariasi tergantung penggunaan. Lebih lama lebih baik untuk berbicara lebih jauh.

Cara Memilih Joran Pancing Yang Bagus

Dudukan roda ini adalah area tempat Anda dapat memasang keranjang atau penggulung, seringkali nelayan akan memilih dudukan roda Fuji, yang merupakan bukti kualitasnya.

Mau Mancing Tapi Bujet Tipis? Intip Dulu 9 Rekomendasi Alat Pancing Murah Yang Tidak Murahan Ini!

Panduan biasanya terbuat dari plastik, logam atau keramik. Saat ini, silikon karbida atau disebut juga SIC dan titanium karbida dianggap sebagai bahan terbaik untuk panduan. salah satu pemasoknya adalah fuji. SIC ini dapat mengurangi panas dan gesekan. Biasanya, joran dengan panduan SIC lebih mahal. Anda dapat melihat contoh manual SIC pada joran Shimano Cumara. Selain itu ada juga Aluminium Oxide yang juga mengkilat dan tahan lama serta biasanya harganya lebih murah. Salah satu produknya adalah Fuji Hardloy yang bisa Anda temukan misalnya pada joran Shimano Compre. Selain itu ada juga guide titanium yang bisa anda temukan salah satunya pada joran G. Loomis. Pabrikan terkemuka tidak hanya Fuji, ada juga pabrikan lain seperti TiCH, AFTCO, Pacific Bay Hialoy dan lainnya.

Pancing seringkali dapat dibuat dari grafit dan fiberglass. Pancing grafit lebih disukai oleh pemancing karena kekerasan, kepekaan, dan daya juangnya. Namun, grafit bisa lebih rapuh daripada yang lain. Fiberglass adalah bahan yang lebih kuat tetapi sedikit lebih berat. Gelas biasa menjadi pilihan para pemancing dengan target ikan besar. Namun, ada opsi komposit, yaitu kombinasi dua material grafit dan kaca

Memilih joran pancing laut, cara memilih joran pancing laut, joran pancing casting yang bagus, cara memilih joran pancing, joran pancing udang yang bagus, memilih joran pancing yang baik, cara memilih joran pancing yang bagus dan kuat, memilih joran pancing, memilih joran pancing yang bagus, joran pancing yang bagus, tips memilih joran pancing, joran pancing kolam yang bagus

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: