Tips

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Cara Memilih Joran Yang Kuat – Tips mancing, cara memilih joran terbaik. Halo Mania Mancing! Joran atau joran merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam memancing. Fungsi joran adalah untuk memasang tali pancing, dipasang langsung (jenis tegek) atau dipasang pada spool. Batang datang dalam berbagai jenis dan bentuk. Untuk itu, Anda bisa menggunakan link di bawah ini untuk mempelajari jenis-jenis joran yang digunakan untuk mancing air tawar dan cara memilih joran yang terbaik dan paling cocok untuk Anda gunakan.

Baca juga: Cara Memilih Tali Pancing / Senar Pancing Terbaik Joran memiliki lebar, panjang dan kelenturan yang bervariasi. Itu tergantung di mana Anda memancing dan jenis ikan apa yang ingin Anda tangkap. Pada dasarnya joran terbaik adalah jenis joran yang cukup kaku sehingga tidak patah saat menarik ikan yang sudah dipancing. Selain memiliki sifat yang kaku, joran terbaik memiliki karakteristik yang cukup lentur untuk menahan tarikan ikan, sehingga tidak akan menyebabkan joran Anda putus.

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Di bawah ini adalah jenis-jenis joran yang biasanya digunakan di air tawar namun tidak menutup kemungkinan juga bisa digunakan untuk mancing di laut.

Cadangan Jenama Joran Pancing Terbaik Di Malaysia

Batang pemintal adalah jenis batang yang terbuat dari grafit atau fiberglass dengan gabus atau pegangan busa PVC. Panjangnya sekitar 5 sampai 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 m). Batang pemintal biasanya memiliki lima hingga delapan pemandu cincin berdiameter besar yang disusun di sepanjang bagian bawah batang untuk membantu mengontrol garis/jalur. Ukuran panduan cincin dari perak ke ujung batang akan lebih kecil.

Kursi gulungan jenis batang pemintal biasanya terletak di bagian bawah batang, dan gulungan biasanya dipasang ke batang melalui kunci spool putar geser. Joran jenis ini merupakan jenis joran yang populer dan banyak digunakan untuk mancing ikan air tawar. Jika pemancing menggunakannya untuk mancing di laut, biasanya joran pemintal lebih banyak digunakan dari biasanya.

Cara termudah untuk membedakan joran jenis ini dengan joran pemintal adalah letak atau posisi reel pada joran. Berbeda dengan tipe spinning, bait rod memiliki reel holder di bagian atas, sehingga ring guide juga ada di bagian atas joran dan line release handle (casting trigger) ada di bagian bawah.

Batangnya sendiri tidak berbeda dengan jenis pemintalan, terbuat dari grafit atau fiberglass dengan busa atau pegangan PVC dan panjangnya antara 5 dan 8,5 kaki (1,5 hingga 2,6 m). Jenis umpan casting biasanya memiliki lima hingga delapan ring guide untuk membantu mengontrol pancing/line. Ini memiliki kemiripan dengan tipe berputar yaitu ukuran panduan cincin semakin kecil menuju ujung batang.

Rekomendasi Merk Joran Pancing Terbaik, Murah Dan Kuat

Jadi perbedaan mencolok dari kedua jenis palang di atas hanya pada jok roda palang. Perhatikan perbedaannya pada gambar di bawah ini.

Jenis batang berikutnya adalah teleskopik. Seperti namanya, joran ini dapat diperpendek dari ukuran normalnya dan didesain untuk mudah dibawa. Batang jenis ini dapat menyusut ukurannya dari batang 20 atau bahkan 30 kaki menjadi enam kaki. Ini membuatnya sangat mudah dibawa dan joran favorit para pemancing yang suka bepergian.

Batang teleskopik terbuat dari bahan yang sama dengan batang lainnya, terbuat dari grafit dan fiberglass atau komposit. Bahan-bahan ini dirancang untuk meluncur di atas satu sama lain sehingga mudah untuk memanjangkan atau memperpendek joran. Joran ini juga dilengkapi ring guides, identik dengan dua tipe sebelumnya. Semakin banyak pemandu cincin, semakin baik kekuatan joran untuk mengurangi hambatan ikan.

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Jadi ini adalah tiga jenis joran atau joran. Sama seperti senar pancing, semuanya memiliki pro dan kontra. Setiap nelayan juga memiliki selera yang berbeda. Jenis joran terbaik belum tentu dianggap bagus oleh pemancing lain. Faktor tempat mencari mancing dan ikan target juga sangat berpengaruh. Joran berkekuatan tinggi tidak akan terasa nyaman digunakan untuk memancing ikan kecil. Sebaliknya mancing di laut yang mengincar ikan-ikan besar akan sia-sia jika menggunakan joran dengan tenaga yang lebih kecil.

Tips Memilih Reel Spinning Yang Bagus Untuk Pemula

Baca juga: Istilah Populer di Dunia Mancing, Mania Digging Wajib Tahu! Memilih batang terbaik membutuhkan pengalaman. Anda harus memiliki jam terbang agar bisa belajar membuat berbagai pilihan mulai dari cara mencocokkan joran dengan reel yang tepat, memilih pancing dan umpan yang tepat hingga menjadi pemancing yang bersertifikat. Bagi yang hobi memancing, memilih joran terbaik tentu sangat penting untuk dilakukan. Selain berperan sebagai penahan reel, joran juga berperan sangat penting dalam proses pengangkatan ikan hasil tangkapan, terutama ikan berukuran besar.

Jika kita berniat menangkap ikan besar, tentu kita membutuhkan joran yang kuat dan tidak mudah patah. Selain itu joran harus disesuaikan baik dengan karakteristik ikan maupun lokasi pemancingan. Kami akan membahas semua ini di artikel di bawah ini.

Sebelum Anda memutuskan batang mana yang akan digunakan, Anda harus mengetahui beberapa hal tentang batang itu sendiri. Dimulai dari jenis joran yang tersedia di pasaran, teknik mancing yang akan diterapkan, lokasi mancing dan diakhiri dengan reel yang akan digunakan.

Joran pancing yang tersedia banyak dijual dengan harga murah, namun kualitasnya bagus. Makanya kita tidak perlu terpaku pada harga mahal atau fitur lengkap saja. Terkadang, untuk jenis ikan atau lokasi pemancingan tertentu, joran yang dibutuhkan mungkin tidak lengkap.

Rekomendasi Merk Reel Pancing Kuat Agar Pancingan Berhasil

Joran untuk mancing di area kolam pasti akan berbeda dengan joran untuk ditengah lautan. Perbedaannya terletak pada bahan produksi, panjang joran yang dimaksud dan fitur yang melengkapinya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat diskusi berikut:

Jenis joran yang pertama adalah joran atau joran Tajik. Joran jenis ini sangat cocok untuk area tambak maupun sungai. Penggunaannya juga tidak sulit karena tidak memerlukan reel untuk menyeret ikan yang ditangkap.

Pemasangan senarnya juga cukup mudah, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kedalaman kolam atau sungai. Biasanya joran jenis ini digunakan untuk mancing fast power sehingga tidak perlu membuang umpan melainkan hanya mencelupkan saja.

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Jenis joran selanjutnya yang biasa digunakan untuk mancing di kolam adalah joran bambu. Ciri utamanya adalah alasnya yang berbentuk ukiran seperti pegangan. Harga joran jenis ini relatif murah dan dapat dibeli oleh semua kalangan.

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik, Mulai Rp50 Ribuan

Jenis ikan yang bisa ditangkap dengan joran ini antara lain adalah ikan yang biasa dipelihara di kolam seperti lele, gurame, nila dan lainnya. Panjang batang bambu sendiri berkisar antara 80 cm hingga 120 cm. Batang ini memiliki ikatan yang kuat antara batang dan bambu.

Batang antena ini memiliki panjang yang dapat diatur seperti antena radio, mulai dari 150 cm hingga 500 cm. Panjangnya yang pendek dan dapat disesuaikan membuat joran ini praktis dan mudah dibawa kemana saja. Pada bagian velg, model yang digunakan adalah kincir putar.

Bagian atas joran jenis ini biasanya terbuat dari bahan yang keras dan terdapat lubang pada bagian dasarnya. Joran terbaik jenis ini dijual dengan harga yang cukup bervariasi, ada yang di bawah Rp 100 ribu, namun ada juga yang menjual dengan harga di atas.

Jenis joran selanjutnya adalah joran terbang. Namanya berdasarkan umpan yang digunakannya, yaitu lalat. Umpannya adalah serangga dengan bobot yang relatif rendah, sehingga dapat dilempar dengan jarak yang cukup jauh.

Bw Joran Pancing Karbon 2.1m 3.3m,joran Pancing Perahu Laut Berat Panjang Pola Geser Super Keras Untuk Kapal Laut

Joran pancing bisa digunakan untuk spot mancing di area sungai atau danau. Panjang batang ini bervariasi dari 180 cm hingga 450 cm dengan diameter kecil. Jenis ikan yang bisa ditangkap adalah ikan kecil atau ikan di perairan dangkal.

Kemudian, ada juga sejenis alat pancing es yang bisa digunakan untuk menangkap ikan seperti lele, mujair, mujair, tombro, bandeng, dll. Joran ini berukuran pendek dengan panjang 50cm – 100cm.

Walaupun model jorannya terdiri dari model kopling dan telescopic sehingga mudah untuk mengemasnya saat ingin dibawa ke tempat mancing. Joran ini berisi jenis joran yang hanya digunakan di kolam, danau atau tempat beku dengan membuat lubang di dalamnya.

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Joran trolling jenis ini merupakan jenis joran yang didesain khusus untuk trolling yaitu teknik memancing dengan cara menarik umpan dengan bantuan perahu. Teknik trolling sendiri biasanya digunakan untuk berburu ikan predator di laut lepas.

Merek Reel Pancing Terbaik Yang Kuat Dan Awet

Jika Anda ingin melakukan olahraga memancing dengan teknik trolling, joran terbaik yang bisa Anda pilih adalah joran khusus ini. Pasalnya, desain reel dan guide ring dibuat khusus untuk mengoptimalkan proses memancing dengan teknik trolling.

Batang ini dirancang khusus dan digunakan untuk model dengan roda berputar. Selain itu joran ini juga bisa digunakan untuk teknik casting. Pasalnya, tingkat akurasi dan jarak casting yang didapatkan cukup baik, sehingga kita tidak akan melewatkan momen-momen penting saat memancing.

Sebenarnya akurasi dari joran ini juga kurang bagus, namun sebenarnya jarak tembaknya cukup jauh sehingga kita tidak perlu banyak bergerak untuk mencapai tempat tertentu.

Joran ini menggunakan top spool yang digunakan untuk memaksimalkan teknik casting saat memancing. Dengan tongkat ini Anda dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit. Akurasi castingnya juga sangat bagus sehingga potensi menangkap ikan buruan lebih besar.

Toko Alat Pancing Sanggar Walesan, Bertahan Karena Kualitas

Harga joran jenis ini cukup bervariasi tergantung panjang joran dan bahannya, serta merk joran itu sendiri. Uniknya, joran jenis ini memiliki pegangan khusus yang disebut Trigger Grip.

Joran jenis ini merupakan joran yang paling baik digunakan di area laut atau dari atas tebing. Fiturnya tentu saja harus panjang dengan dudukan koil yang besar dan kuat. Tujuannya agar umpan bisa dilempar sejauh mungkin.

Tentunya dengan ukuran joran yang besar, diperlukan dua tangan untuk melemparkan umpan secara langsung

Cara Memilih Joran Yang Kuat

Cara memilih joran casting yang bagus, cara memilih joran pancing yang kuat, joran teleskopik yang kuat, cara memilih joran dan reel yang baik, joran yang kuat, cara memilih joran, cara membuat joran bambu yang kuat, cara memilih joran pancing yang bagus dan kuat, cara memilih reel pancing yang kuat, cara memilih raket yang bagus dan kuat, cara memilih joran tegek yang bagus, cara memilih joran pancing

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: