Tips

Tips Memilih Joran Casting

Tips Memilih Joran Casting – Joran merupakan benda yang wajib dimiliki dalam dunia mancing. Ada banyak jenis dan variasi joran, masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan teknik memancing yang akan digunakan. Setiap desain batang memiliki konfigurasi untuk memberikan hasil terbaik kepada penggunanya.

Model joran kekinian berupa antena dengan guide ring sudah terpasang, ada juga antena custom tanpa ring, 1 joran, 2 bagian joran dan joran pagar (mini). Dengan harga yang disesuaikan dengan material/material yang tersedia di joran. Semakin mahal batangnya, semakin baik bahan yang digunakan.

Tips Memilih Joran Casting

Tips Memilih Joran Casting

Untuk menjaga hal-hal sederhana, saya akan membahas joran olahraga. Jenis Casting rata-rata terdiri dari 2 bagian yaitu link tengah atau link bawah. Untuk air tawar, kebanyakan menggunakan sambungan sentral, dan untuk air laut, sambungan sentral atau sambungan dasar. Saat ini banyak jenis wisatawan dengan 4 bagian. Material terbaik saat ini adalah carbon composite, selain ringan juga kuat dan fleksibel mengimbangi tarikan ikan target. Sedangkan ring guide, hampir semua batang sudah menggunakan ring geser keramik.

Merk Joran Pancing Yang Bagus 2022

Pemandu cincin terbaik biasanya menggunakan merek Fuji dengan deskripsi label. Panjang batang yang disarankan antara 150-210 cm untuk air tawar dan 210-270 untuk air asin. Pada tipe BC, namanya untuk overhead rod, guide ring mudah diarahkan ke atas dengan pelatuk (trigger) di bagian bawah dudukan reel. Untuk lebih jelasnya mengenai joran BC silahkan lihat video joran BC Rod/Joran joran adalah joran yang berperan penting dalam hobby mancing anda. Alat bantu pancing ini berfungsi sebagai alat pemegang reel, kennel rest atau tali, untuk mengarahkan tarikan ikan.

Menggunakan tali pancing akan memudahkan anda menarik ikan, tangan anda juga akan mendapatkan keselamatan dari resiko tersangkut tali pancing saat melawan tarikan ikan. Selain itu, dengan bantuan joran, Anda bisa menggunakan teknik memancing tertentu.

Sebelum Anda mulai menggunakan joran, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis joran, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Karena jika tidak tepat saat setting joran maka hasilnya tidak akan maksimal.

Berikut beberapa jenis joran yang harus anda ketahui; Pertama ada joran spinning untuk yang butuh presisi. Reel pancing yang menangkap ikan di tempat yang sulit dijangkau. Setelah itu, ada joran selancar untuk mancing di tebing. Joran kakap untuk mancing umpan dan joran jigging untuk umpan jig.

Mengenal Joran Dalam Dunia Memancing, Intip Produk Joran Terbaik Yang Bisa Kamu Bidik

Selain itu, ada joran trolling, untuk mancing dengan drag bait. Kemudian pancing es untuk tempat beku. Fly rod, untuk menggunakan umpan khusus. Joran udara (telescopic), untuk nelayan pada umumnya. Joran bambu (walesan), untuk sistem galatama. Yang terakhir adalah joran untuk mancing jarak dekat.

Bagi yang sering mancing, mungkin tidak terlalu sulit untuk menentukan joran mana yang akan digunakan. Namun, bagi pemula, beberapa tips pemilihan joran di bawah ini bisa dijadikan acuan sebelum mengambil keputusan pembelian.

Sebenarnya tidak wajib, namun sangat dianjurkan agar anda tidak mengalami kendala dalam kegiatan memancing anda. Misalnya, joran baitcasting sering digunakan dalam teknik casting ke tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan presisi tinggi. Jika menggunakan bambu, akan sulit menangkap ikan. Pilih sesuai dengan teknik memancing masing-masing.

Tips Memilih Joran Casting

Setiap tempat memiliki titik berbahaya. Untuk itu, penggunaan tali pancing juga harus ditingkatkan. Sesuaikan penggunaan tali pancing dengan kondisi tempat, mulai dari panjang, bahan dan material harus disesuaikan dengan kondisi tempat yang ingin dituju.

Simak! Tips Penting Memilih Travel Rod Dan Telescopic Rod

Jika Anda menggunakan roller, pilihlah tali dengan lidah di bagian belakang. Demikian pula, jika Anda memilih baitcasting, gunakan joran dengan reel di atas kepala. Tidak harus berbeda.

Setiap teknik memancing tentunya membutuhkan panjang joran yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, ada titik air tawar dengan banyak semak dan dahan. Menggunakan joran yang panjang tentunya akan membuat Anda kesulitan untuk memasang joran yang cukup panjang. Untuk melakukan ini, tentukan panjang batang dengan poin dan teknik.

Diameter batang tidak begitu penting dalam penentuan ini. Karena diameter joran yang besar, sangat tidak nyaman untuk dipegang saat tangan pemancing lebih kecil. Kami juga harus memperhatikan hal ini di tempat berburu. Jangan memilih joran berdiameter kecil jika lokasi mancing berada di lautan dengan target ikan besar.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih joran terbaik. Pastikan Anda nyaman menggunakan joran. Dan akan lebih baik jika Anda bertukar pendapat dengan pakar mancing. Semoga beruntung! Tips memancing cara memilih joran terbaik. Hai mancing mania! Joran atau joran merupakan salah satu alat utama dalam memancing. Fungsi joran adalah untuk menahan senar pancing, baik yang disambung langsung (tipe tegek) maupun yang disambung ke reel. Pancing datang dalam berbagai jenis dan bentuk. Untuk itu, Anda bisa menggunakan referensi di bawah ini untuk mengenal jenis-jenis joran yang digunakan untuk mancing air tawar dan cara memilih joran yang terbaik dan cocok untuk Anda.

Goture 1.8m 2.1m 2.4m 2 Bagian Joran Umpan Ringan 2 Ujung Joran Casting Putar Daya M/ml Joran Pancing Jigging Karbon 5 30g|

Baca lebih lanjut: Cara memilih pancing / pancing terbaik bervariasi dalam lebar, panjang dan kelenturan. Itu tergantung di mana Anda memancing dan ikan yang ingin Anda tangkap. Pada dasarnya joran terbaik adalah jenis joran yang cukup kuat sehingga tidak patah saat anda mengambil ikan yang tersangkut di kail anda. Selain sifatnya yang kaku, senar pancing terbaik juga memiliki kelenturan yang cukup untuk menahan tarikan ikan, sehingga tidak akan putus senar tersebut.

Di bawah ini adalah jenis-jenis alat pancing yang biasanya digunakan di air tawar, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan juga untuk memancing di laut.

Joran bebek adalah sejenis joran yang terbuat dari grafit atau fiberglass dengan sarung atau PVC. Panjangnya sekitar 5 sampai 8,5 kaki (1,5 sampai 2,6 meter). Batang bengkok biasanya memiliki lima hingga delapan batang berdiameter besar yang disusun di sepanjang bagian bawah batang untuk membantu kontrol garis / gelombang. Ukuran panduan melingkar dari pengan ke ujung batang akan berkurang.

Tips Memilih Joran Casting

Dudukan reel pada joran jenis spinning biasanya terletak di bagian bawah joran, dan reel biasanya dipasang pada joran dengan pengunci reel tipe sliding rotary. Joran jenis ini banyak digunakan pada pemancingan air tawar. Jika pemancing menggunakannya untuk mancing di laut, biasanya joran yang digunakan lebih panjang dari biasanya.

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik (terbaru 2023)

Cara paling mudah untuk membedakan jenis ini dengan joran pemintal adalah posisi atau letak reel pada joran. Berbeda dengan tipe spinning, baitcasting rod memiliki dudukan reel bagian atas, sehingga reel guide masih berada di bagian atas joran dan line release handle (pemicu untuk casting) terletak di bagian bawah.

Batangnya sendiri tidak berbeda dengan jenis pemintalan, terbuat dari grafit atau fiberglass dengan pegangan busa atau PVC dan panjangnya berkisar antara 5 hingga 8,5 kaki (1,5 hingga 2,6 m). Jenis baitcasting biasanya memiliki lima sampai delapan cincin panduan untuk membantu mengontrol garis/jalur. Ini mirip dengan jenis pemintalan karena ukuran cincin mengecil menjelang ujung batang.

Jadi perbedaan utama kedua jenis joran tersebut di atas hanya pada dudukan reel pada joran tersebut. Perhatikan perbedaannya pada gambar di bawah ini.

Jenis pancing lainnya adalah teleskopik. Seperti namanya, joran ini dapat diperpendek dari ukuran normalnya dan didesain untuk mudah dibawa. Jenis ini dapat ditarik dalam ukuran dari batang 20 atau bahkan 30 kaki hingga satu setengah kaki. Hal ini membuat mereka sangat portabel dan joran populer untuk pemancing bepergian.

Tips Memilih Joran Pancing Terbaik

Joran teleskopik terbuat dari bahan yang sama dengan joran lainnya, terbuat dari grafit dan fiberglass atau komposit. Bahan-bahan ini dirancang untuk meluncur satu demi satu sehingga joran dapat dengan mudah dipanjangkan atau dipendekkan. Ekor pancing juga memiliki mata cincin seperti dua jenis sebelumnya. Semakin besar jumlah loop, semakin baik kekuatan joran dalam mengurangi hambatan ikan.

Nah, itulah ketiga jenis joran atau joran pancing tersebut. Seperti pancing, masing-masing memiliki pro dan kontra. Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Pemancing lain mungkin belum tentu menganggap jenis joran terbaik sebagai joran yang bagus. Tempat mencari ikan dan target ikan juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Joran dengan kekuatan tinggi tidak akan terasa nyaman saat memancing ikan kecil. Di sisi lain, memancing di laut untuk ikan besar akan sia-sia jika menggunakan joran dengan daya yang lebih kecil.

Baca Juga: Kata Kata Populer Dalam Dunia Mancing, Mancing Mania Wajib Tahu! Memilih joran terbaik membutuhkan pengalaman. Anda harus memiliki waktu berjam-jam untuk belajar bagaimana membuat keputusan yang berbeda dimulai dengan bagaimana mencocokkan tongkat dengan gulungan yang tepat, memilih garis dan umpan yang tepat untuk menjadi pemancing yang terampil. Saat memilih joran harus didasarkan pada apakah itu kompetisi atau hanya liburan. Jika ingin mengikuti perlombaan/galatam sebaiknya menggunakan joran yang ujungnya lentur saja. Karena waktu mengajar ikan lebih singkat dengan joran medium flexible.

Tips Memilih Joran Casting

Joran untuk balap/karatama harus dipilih tanpa sambungan (1 buah). Bilah teleskopik tidak disarankan karena setiap sambungan mudah dipindahkan, sehingga mengurangi kelenturan dan juga mendistribusikan gaya.

Jenis Joran Pancing Untuk Kamu Yang Hobi Memancing

Perbedaan tali pendek dan panjang tidak menjadi masalah, namun untuk balap panjang yang pas Tingginya sekitar 168-180 cm. Long joran bisa melontarkan umpan lebih jauh, namun disesuaikan dengan permukaan kolam yang rata-rata sempit, sehingga tidak perlu long cast.

Joran casting carbon, joran casting laut, cara memilih joran casting yang bagus, cara memilih joran casting, joran casting shimano, joran casting murah, joran casting, joran casting sougayilang, tips memilih lure casting, cara memilih joran casting untuk pemula, harga joran casting, joran pancing casting

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: