Tips

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Tips Memilih Joran Pancing Kolam – Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, tentunya sangat penting untuk memilih joran yang terbaik. Selain berperan sebagai dudukan reel, joran juga berperan sangat penting sebagai tumpuan dalam proses membesarkan ikan hasil tangkapan, terutama ikan berukuran besar.

Tentunya jika kita ingin menangkap ikan yang besar, kita membutuhkan joran yang kuat dan tidak mudah patah. Selain itu joran juga harus disesuaikan dengan karakteristik ikan dan juga lokasi pemancingan. Kami akan membahas semua ini di artikel di bawah ini.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Sebelum memutuskan joran mana yang akan digunakan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal tentang joran itu sendiri. Mulai dari jenis joran yang tersedia di pasaran, teknik mancing yang akan diterapkan, lokasi mancing, hingga reel yang akan digunakan.

Merek Joran Pancing Terbaik, Bikin Auto Strike Terus!

Joran pancing yang tersedia banyak dijual dengan harga murah, namun kualitasnya bagus. Itu sebabnya kita tidak boleh terpaku pada harga tinggi atau hanya fitur lengkap. Terkadang, untuk jenis ikan atau tempat pancing tertentu, alat pancing yang dibutuhkan belum tentu lengkap.

Joran untuk mancing di area tambak pasti akan berbeda dengan joran untuk ditengah lautan. Perbedaannya terletak pada bahan pembuatannya, panjang batang yang dimaksud dan fitur yang melengkapinya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat diskusi berikut:

Jenis joran yang pertama adalah joran atau teegek. Joran jenis ini sangat cocok untuk area tambak dan juga sungai. Penggunaannya juga tidak sulit karena tidak memerlukan reel untuk menyeret ikan yang ditangkap.

Pemasangan senarnya juga cukup mudah, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kedalaman kolam atau sungai. Biasanya joran jenis ini digunakan untuk mancing dengan intensitas cepat sehingga umpannya tidak harus dilempar, melainkan langsung menyelam.

Rekomendasi Joran Pancing Shimano Terbaik (terbaru 2023)

Jenis joran selanjutnya yang biasa digunakan untuk mancing di kolam adalah joran bambu. Alas memiliki ciri utamanya berupa ukiran sebagai pegangan. Harga joran jenis ini relatif murah dan setiap kalangan bisa membelinya.

Diantara jenis ikan yang bisa ditangkap dengan joran ini adalah ikan yang biasa dipelihara di kolam, seperti lele, gurame, mujair, dll. Panjang joran bambu sendiri antara 80 cm sampai dengan 120 cm. Batang ini memiliki hubungan yang kuat antara batang dan bambu.

Panjang batang antena bisa diatur seperti antena radio, mulai dari 150 cm hingga 500 cm. Panjangnya yang bisa diatur pendek membuat joran ini praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Pada bagian reel, model yang digunakan adalah spinning reel.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Bagian atas joran jenis ini biasanya terbuat dari bahan yang keras dan memiliki lubang pada bagian dasarnya. Joran terbaik jenis ini dijual dengan harga yang cukup bervariasi, ada yang di bawah 100 ribu rupiah, namun ada juga yang dijual dengan harga di atas.

Cara Merawat Joran Tegek Agar Tetap Awet

Jenis joran selanjutnya adalah joran fly. Namanya berdasarkan umpan yang digunakannya yaitu LALAT. Umpannya berupa serangga yang memiliki bobot relatif rendah sehingga dapat dilempar dalam waktu yang lama.

Jenis joran fly bisa digunakan untuk lokasi mancing di daerah sungai atau danau. Panjang batang ini antara 180 cm sampai 450 cm dengan diameter kecil. Jenis ikan yang bisa ditangkap adalah ikan kecil atau ikan di perairan dangkal.

Selanjutnya ada juga jenis joran es yang bisa digunakan untuk menangkap ikan seperti lele, nila, mujair, tombro, bandeng, dll. Joran ini termasuk ukuran pendek dengan panjang antara 50cm – 100cm.

Model joran tetap terdiri dari model mata rantai dan juga teleskopik sehingga mudah untuk dikemas saat ingin dibawa ke tempat memancing. Joran ini berisi jenis joran yang hanya digunakan di kolam, danau atau tempat beku dengan membuat lubang di dalamnya.

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik, Mulai Rp50 Ribuan

Joran Trolling jenis ini merupakan jenis joran trolling yang didesain khusus untuk mancing trolling yaitu teknik mancing menarik umpan dengan perahu. Teknik trolling sendiri biasanya digunakan untuk berburu ikan mangsa di laut lepas.

Jika Anda ingin melakukan olahraga memancing dengan teknik trolling, joran terbaik yang bisa Anda pilih adalah joran khusus ini. Hal ini dikarenakan reel dan guide ring didesain khusus untuk mengoptimalkan proses memancing dengan teknik trolling.

Batang ini dirancang dan digunakan khusus untuk model dengan roda pemintal. Selain itu joran ini juga bisa digunakan untuk teknik casting. Hal ini dikarenakan tingkat presisi dan juga jarak casting yang dihasilkan cukup baik, sehingga kita tidak akan melewatkan momen-momen penting saat memancing.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Sebenarnya akurasi dari joran ini juga kurang bagus, namun ternyata jarak tembaknya cukup jauh sehingga kita tidak perlu bergerak jauh untuk menjangkau beberapa tempat.

Joran Pancing Daido Pagani Fiber Solid 150 165 180cm Spinning 2 Section Cocok Untuk Kolam Kelenturan Medium Murah Dan Kuat Promo Cod

Joran ini menggunakan overhead reel yang digunakan untuk memaksimalkan teknik casting saat memancing. Dengan tongkat ini Anda dapat menjangkau beberapa tempat yang sulit. Akurasi castingnya juga sangat baik sehingga kemampuan menangkap ikan buruan lebih besar.

Harga joran jenis ini sangat bervariasi tergantung panjang joran dan juga bahannya, serta merk joran itu sendiri. Uniknya, joran jenis ini memiliki pegangan khusus yang disebut Trigger Grip.

Joran jenis ini merupakan joran yang paling baik digunakan di daerah tepi laut atau bebatuan. Sifatnya tentu saja harus panjang dengan dudukan reel yang besar dan kuat. Tujuannya agar bisa membuang umpan sejauh mungkin.

Tentunya dengan ukuran joran yang besar, dibutuhkan dua tangan untuk melontarkan umpan sejauh mungkin. Di bagian dasarnya juga terdapat pegangan yang panjang dan besar.

Rekomendasi Umpan Dan Waktu Memancing Ikan Lele

Langkah selanjutnya dalam menentukan joran terbaik adalah mempelajari teknik memancing. Ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan saat menerapkan teknologi. Berikut penjelasan lengkapnya:

Teknik ini digunakan bagi yang agak malas karena tinggal membuang kail ke dasar laut lalu menunggu ikan memakan umpannya. Teknik ini paling baik diterapkan pada lokasi di sekitar pantai atau danau yang digunakan oleh perahu.

Teknik mancing selanjutnya adalah teknik casting. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menarik perhatian ikan mangsa dengan cara melemparkan umpan kemudian memainkan umpan tersebut dengan cara menggulungnya secara perlahan dan terkadang menariknya untuk menarik perhatian predator.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Kemudian ada metode jigging yaitu teknik memancing dengan cara melemparkan umpan jig ke dasar laut kemudian memainkan lure dengan cara menggulungnya secara perlahan. Memainkan umpan juga bisa dilakukan dengan menaikkan dan menurunkan joran.

Jual Joran Bagus Dan Kuat Terbaru

Teknik trolling adalah teknik memancing dengan cara melempar umpan ke dasar laut kemudian memasang joran di belakang perahu. Kemudian perahu bergerak dengan kecepatan tertentu sambil memantau kail untuk melihat apakah sudah ditarik oleh ikan.

Teknik mancing ini menggunakan serangga yang disebut LALAT sebagai umpannya. Reel yang digunakan untuk joran adalah fly fishing reel. Untuk tekniknya sendiri hampir sama dengan casting. Ikan target untuk teknik ini antara lain harpoon, bluefin trevally, bass, dll.

Pada teknik surfcast, umpan yang digunakan adalah umpan hidup. Ini berbeda dengan teknik pengecoran pada umumnya yang menggunakan umpan buatan. Tempat terbaik untuk menggunakan teknik memancing ini adalah di daerah sekitar pantai saat air pasang.

Teknik memancing ini dilakukan dengan cara melempar popper kemudian dinaikkan ke atas permukaan secara berulang-ulang agar ikan target dapat terpancing. Begitu ikan terpancing, popper akan mengeluarkan suara saat ditarik.

Cara Memilih Joran Pancing Fiber Yang Bagus

Sebenarnya ada beberapa teknik mancing lain yang bisa digunakan. Hanya saja teknik-teknik di atas sering diterapkan.

Setelah mengetahui beberapa jenis joran yang bagus dan kuat untuk berbagai kondisi, serta teknik mancing, kali ini kita akan membahas joran terbaik dari beberapa joran terkenal yang layak dibeli. Berikut ulasan lengkapnya:

Merek joran terbaik pertama yang kami rekomendasikan adalah joran Shimano. Ada berbagai jenis joran dari merk ini, mulai dari joran termurah hingga joran eksklusif. Dengan cara ini Anda bisa memancing di tempat yang berbeda.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Tidak hanya itu joran terbaik Shimano juga menyediakan joran dengan metode yang berbeda-beda mulai dari metode penyambungan (pierce) dan juga metode antena (telescopic) sehingga joran mudah untuk dibawa-bawa.

Heboh! Joran Ikan Nilem Super Lentur Disambar Ikan Besar Halaman 1

Di posisi selanjutnya adalah joran terbaik dari merek Relix yang merupakan salah satu merek lokal yang dinaungi oleh PT. fasilitas perikanan pusat. Meski berasal dari brand lokal, namun kualitas joran yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Terutama bagi pemancing ultra-ringan yang bisa menangkap ikan besar dan kecil dengan sama baiknya. Jadi jangan ragu dengan salah satu merk joran terbaik di Indonesia.

Satu lagi merk joran terbaik asal Jepang yang menawarkan desain mewah dan elegan adalah merk Maguro. Merek ini menyediakan berbagai jenis joran, serta perlengkapan memancing lainnya. Harga yang ditawarkan juga tidak menguras kantong dan bisa disesuaikan dengan budget.

Brand ini sudah lama berdiri dan pertama kali memasarkan produknya pada tahun 2000. Dengan masih eksisnya brand ini hingga saat ini tentu membuktikan bahwa Maguro merupakan brand yang berkualitas dengan produk yang masih banyak diminati oleh para pemancing dan masyarakat umum.

Tips Memancing Di Kolam Pemancingan Biar Banyak Dapat Ikan

Jika Anda menginginkan joran terbaik untuk laut, maka inilah merek yang kami rekomendasikan. Hal ini dikarenakan produk joran Aiwa dikenal dengan keserbagunaan jorannya. Dengan cara ini Anda bisa merasakan nikmatnya memancing di laut.

Fleksibilitas yang didapat dari joran Aiwa ini terbuat dari material terbaik yang digunakan seperti fiber dan juga ceramic coating yang membuatnya kuat dan tidak mudah patah saat berbenturan dengan ikan besar.

Jika Anda ingin menggunakan joran non Jepang, maka Abu Garcia adalah salah satu pilihannya. Merk joran asal Swedia ini bisa dikatakan sebagai merk joran tertua sekaligus merk joran terbaik di dunia.

Tips Memilih Joran Pancing Kolam

Keunggulan lain dari joran merk ini adalah pilihan material yang membuat bobot joran ini ringan namun tetap kuat saat digunakan untuk bertarung dengan ikan yang besar dan lincah. Para pemancing tidak terkejut

Rekomendasi Joran Pancing Terbaik 2022: Untuk Setiap Teknik

Tips memilih joran pancing laut, cara memilih joran pancing laut, tips memilih reel pancing, cara memilih joran pancing, cara memilih joran pancing yang bagus, tips memilih joran pancing, memilih joran pancing laut, memilih joran pancing yang bagus, memilih joran pancing, tips memilih joran casting, memilih joran pancing yang baik, tips memilih senar pancing

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: