Tips

Tips Memilih Joran

Tips Memilih Joran – Joran merupakan salah satu alat pancing yang memegang peranan penting dalam hobi memancing. Alat pancing ini memiliki fungsi objek untuk pemegang reel, sampan atau tali penahan, untuk memandu tarikan ikan.

Menggunakan joran akan memudahkan Anda menarik ikan dan juga menyelamatkan Anda dari risiko tangan Anda bergesekan dengan pancing saat melawan tarikan ikan. Selain itu, dengan bantuan joran, Anda bisa menerapkan teknik memancing tertentu.

Tips Memilih Joran

Tips Memilih Joran

Sebelum menggunakan joran, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis joran yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Karena jika joran tidak diatur dengan benar maka hasilnya tidak akan maksimal.

Panduan Memilih Joran

Berikut beberapa jenis joran yang harus Anda ketahui; Yang pertama joran spinning, bagi yang butuh presisi. Joran untuk casting umpan, untuk tempat yang sulit dijangkau. Lalu ada casting rod di atas papan, untuk mancing dari tebing. Joran popping, untuk memancing umpan, dan joran jigging, untuk menggunakan umpan jig.

Juga, ada joran panula, untuk mancing trolling. Kemudian pancing es untuk tempat beku. Joran untuk memancing, untuk menggunakan umpan khusus. Joran udara (teleskopik), biasanya untuk pemancing. Pancing bambu (Walsan), untuk metode Galatama. Joran dengan tiang di ujungnya, untuk berburu jarak dekat.

Bagi yang sering mancing, mungkin tidak sulit untuk menentukan joran mana yang akan digunakan. Namun bagi para pemula, beberapa tips memilih joran di bawah ini bisa dijadikan referensi sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Memang tidak wajib, tapi sangat dianjurkan, agar tidak kesulitan saat memancing. Misalnya, joran baitcasting yang biasa digunakan dalam teknik casting di tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan akurasi tinggi. Jika Anda menggunakan tongkat bambu, Anda akan kesulitan menangkap ikan. Pilih sesuai dengan teknik memancing masing-masing.

Macam Joran Pancing Dan Ciri Cirinya

Setiap tempat memiliki kekurangannya masing-masing. Jadi penggunaan joran juga harus disesuaikan. Sesuaikan penggunaan joran dengan kondisi tempat, mulai dari panjang, bahan dan materialnya hingga kondisi tempat yang ingin dituju.

Jika Anda menggunakan gulungan pemintalan, pilihlah batang dengan gulungan di bawah kepala. Demikian pula, jika Anda memilih gulungan untuk melemparkan umpan Anda, gunakan joran dengan gulungan di atas kepala. Jangan berbeda.

Setiap teknik mancing membutuhkan panjang joran yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan anda. Begitu pula dengan tempat-tempat, misalnya daerah air tawar yang banyak semak-semak dan dahan-dahan berkayu. Menggunakan joran yang panjang pasti akan menyulitkan Anda untuk mengatur joran yang cukup panjang. Untuk ini, tentukan panjang tongkat dengan titik dan tekniknya.

Tips Memilih Joran

Diameter batang tidak kalah pentingnya dalam penentuan ini. Karena diameternya yang besar, joran sangat tidak nyaman untuk dipegang jika pemancing memiliki tangan yang pendek. Kita juga perlu memperhatikan hal ini di tempat pemancingan kita. Jangan pilih joran berdiameter kecil jika lokasi mancing di laut dengan ikan besar.

Rekomendasi Reel Pancing Terbaik Buat Tangkapan Yang Ciamik

Itu tadi beberapa tips memilih joran terbaik. Pastikan Anda nyaman saat menggunakan joran. Dan, alangkah baiknya untuk bertukar pendapat dengan pakar mancing. Semoga beruntung! Gulungan adalah penggulung garis dan itu adalah barang yang sangat penting bagi seorang pemancing. Peran reel adalah untuk memudahkan pemancing melemparkan umpan dan menarik ikan. Jadi pemilihan reel tidak bisa sembarangan. Saat ini ada 2 jenis reel yaitu: spinning reel dan baitcasting reel. Jika Anda salah mengatur reel, Anda akan kesulitan saat memancing.

Saat membeli gulungan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ukuran yang tepat. Pilih reel sesuai dengan posisi memancing. Baik itu sungai, rawa, kolam, danau atau laut. Anda akan tetap menangkap ikan dengan cara beradaptasi dengan ikan target.

Di gulungan, kita sering menemukan angka seperti 500, 1000, 2000, 2500, 3000 hingga 20000. Angka-angka ini menunjukkan kelas reel Angka 500 adalah singkatan dari 500:1000 gram, yang artinya daya tahan maksimal gulungan tipe 500 adalah 1000 gram (1 kg). Reel ini bisa menampung ikan ukuran hingga 1kg. Demikian pula, ia memiliki rasio 1:2. Drag adalah kemampuan reel untuk menahan tarikan dari ikan itu sendiri.

Kumparan adalah tempat kawat dililit. Semakin besar spul, semakin panjang senar yang bisa dililitkan. Kemudian spul itu sendiri berfungsi sebagai penahan senar.

Macam Joran Pancing Dan Cirinya Yang Harus Kamu Tahu

Sistem seret reel merupakan aspek penting dalam memancing. Peran seret adalah untuk menahan ikan selama pertarungan dan membiarkan tali keluar saat ikan sedang bertarung. Oleh karena itu, perhatikan kualitas sistem traksi sebelum mulai memancing.

Fitur anti mundur ini berfungsi untuk mencegah gagang terbalik, artinya pengait lebih kuat. Jika reel masih memiliki backspin, sebaiknya cari jenis reel yang berbeda dan saat memilih joran, apakah joran tersebut untuk kompetisi atau hanya untuk bersenang-senang. Jika ingin mengikuti perlombaan/galatas sebaiknya menggunakan tongkat yang ujungnya lentur saja. Karena waktu belajar ikan lebih singkat dibandingkan joran yang lentur di tengah.

Joran untuk lomba/galatama juga bisa dipilih tanpa sambungan (1 pc). Telescoping bar tidak disarankan karena setiap sambungan bergerak dengan mudah sehingga fleksibilitas berkurang dan kekuatan juga terbagi.

Tips Memilih Joran

Benturan antara tiang pendek dan panjang sejauh ini tidak menjadi masalah, namun panjang tiang yang ideal untuk lomba adalah sekitar 168-180 cm. Joran yang lebih panjang dapat melontarkan umpan lebih jauh, namun disesuaikan dengan luas kolam yang sempit sehingga tidak diperlukan gips yang panjang seperti di lautan.

Mau Mancing Tapi Bujet Tipis? Intip Dulu 9 Rekomendasi Alat Pancing Murah Yang Tidak Murahan Ini!

Bagi yang memancing hanya untuk iseng, ada baiknya menggunakan joran yang lentur di tengah agar pemancing bisa menikmati pelajaran lebih lama, meski hanya ikan kecil yang mengambil umpan.

Joran yang patah saat digunakan untuk mengasuh ikan bukan sepenuhnya kesalahan penjual atau produsen. Kalau mau jujur ​​joran patah lebih banyak kesalahan pemancing yaitu beban pada joran melebihi kapasitas joran.

Penyebab paling umum patahnya joran di kolam atau laut adalah pemancing hanya menyentakkan joran dengan memutar pergelangan tangan atau mengayunkan siku. Perputaran ini melebihi sudut 90 derajat menyebabkan batang segera patah.

Ini harus cukup untuk menggoyangkan tongkat dengan mengayunkan lengan, ditambah gerakan pergelangan tangan ke belakang. Ini sudah menangkap mulut ikan tanpa membebani kail pada joran.

Mancing Itu Manis Dan Bau Amis

Setelah memancing, cuci joran dengan air sabun untuk menghilangkan kotoran dan bau tak sedap. Pastikan Anda mengelap joran secara menyeluruh sebelum menyimpannya, jika perlu lapisi joran dengan cairan (WD40) agar kotoran/debu tidak cepat menempel.

Jauhkan batang dari sinar matahari langsung, karena jika terkena sinar matahari akan menjadi rapuh/kering dan mudah patah. Joran ultralight (UL) terbaik mudah ditemukan saat ini Joran ultralight adalah joran yang umumnya lebih kecil dan lebih ringan dari kebanyakan joran standar. Memancing ultralight memiliki aturan dan pengaturan perangkatnya sendiri seperti yang kami jelaskan di postingan kami sebelumnya. Salah satunya adalah rod maksimal 6 pon atau rod rule dengan panjang minimal 180 cm. Joran ultra light ini biasa banyak digunakan pada teknik casting, namun ada juga yang menggunakannya pada teknik jigging menggunakan micro jig untuk cheat.

Baca artikel di bawah ini untuk semua yang perlu Anda ketahui sebelum memilih joran yang bagus untuk memancing ultralight:

Tips Memilih Joran

Untuk memilih joran ultralight terbaik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis joran apa yang ingin Anda beli. Ada dua jenis joran yaitu joran pemintal dan joran pengecoran umpan. Joran pancing adalah joran yang dirancang untuk menahan reel pancing yang biasanya dipasang di bawah gagang joran, sedangkan joran baitcasting adalah joran yang didesain untuk menahan reel pancing yang biasanya dipasang di atas gagang.

Warta Pancing: Tips Memilih Joran Pancing Dan Cara Perawatannya

Untuk memilih joran ultralight terbaik, Anda perlu mengetahui trik dan tips memilih joran yang bagus. Berikut tips memilih joran yang tepat :

Pegangan biasanya dipilih oleh banyak pemancing terbuat dari gabus atau busa EVA untuk pegangan yang lebih nyaman dan tahan lama. Gagang ini panjangnya bervariasi tergantung pemakaian. Lebih lama lebih baik untuk lebih banyak pengelasan.

Reel seat ini adalah tempat anda meletakan reel atau gulungan anda, biasanya para pemancing akan memilih dudukan reel fuji yang lebih terjamin kualitasnya.

Panduan ini biasanya terbuat dari plastik, logam atau keramik. Saat ini, Silicon Carbide atau SiC dan Titanium Carbide dianggap sebagai bahan panduan terbaik. Salah satu produsennya adalah Fuji. SIC ini dapat mengurangi panas dan gesekan. Biasanya joran dengan guide SIC harganya lebih mahal. Anda dapat melihat contoh panduan SIC pada joran Shimano Cumara. Juga, ada aluminium oksida, yang lebih halus dan lebih tahan lama dan biasanya lebih murah. Salah satu produknya adalah Fuji Hardalloy yang bisa Anda temukan di joran Shimano Compre. Juga, ada panduan titanium yang dapat Anda temukan, termasuk yang ditemukan di joran G Loomis. Produsen panduan tidak hanya Fuji, tetapi juga produsen lain seperti TICH, AFTCO, Pacific Bay Hiloy dan lainnya.

Jenis Joran Pancing Yang Sebaiknya Anda Ketahui Dan Pahami

Pancing biasanya terbuat dari grafit dan fiberglass. Pancing grafit lebih disukai oleh pemancing karena kekakuan, kepekaan, dan kemampuan bertarungnya. Namun, grafit bisa lebih rapuh daripada yang lain. Fiberglass adalah bahan yang kuat, tapi agak berat. Fiberglass biasa adalah pilihan bagi pemancing yang menargetkan ikan yang lebih besar. Namun, ada opsi komposit, yang merupakan kombinasi dari dua komponen grafit dan fiberglass, tetapi umumnya lebih mahal.

Tindakan dan kekuatan yang terkait dengan joran berdampak besar pada umpan Anda untuk menarik ikan agar mengambilnya. Kekuatan adalah besarnya gaya yang digunakan untuk menekuk tali, dan diklasifikasikan dari sangat ringan hingga sangat berat. Untuk Karma ada Slow Karma, Medium Karma dan Fast Karma. untuk lambat

Memilih joran, tips memilih joran pancing, tips memilih joran pancing laut, cara memilih joran casting yang bagus, tips memilih joran ultralight, tips memilih joran casting, memilih joran untuk mancing ikan mas, memilih joran tegek yang bagus, cara memilih joran, memilih joran pancing, cara memilih joran untuk galatama lele, cara memilih joran tegek yang bagus

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: