Tips

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Tips Memilih Reel Untuk Laut – Reel adalah penggulung kawat/keenur dan merupakan barang yang sangat penting bagi seorang nelayan. Fungsi reel adalah untuk memudahkan pemancing melempar umpan dan menarik ikan. Sehingga tidak ada kesewenang-wenangan dalam pemilihan gulungan. Saat ini terdapat 2 jenis reel yaitu: spinning reel dan baitcasting reel. Jika Anda salah dalam menentukan reel, Anda akan kesulitan saat memancing.

Saat Anda membeli reel, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah menentukan ukuran yang tepat. Pilih reel sesuai dengan lokasi memancing Anda. Baik itu sungai, rawa, danau, kolam atau laut. Kemudian sesuaikan juga target ikan yang akan anda tangkap.

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Di gulungan, kita sering menemukan angka seperti 500, 1000, 2000, 2500, 3000 hingga 20000. Angka-angka ini berarti kuadrat gulungan. Angka 500 adalah singkatan dari 500:1000 gram, yang berarti gulungan Tipe 500 memiliki tarikan maksimum 1000 gram (1 kg). Reel ini mampu menampung ikan hingga 1 kg. Demikian pula, rasionya adalah 1:2. Drag adalah kemampuan reel untuk menahan tarikan ikan.

Okuma Apollo Apii 30 Memancing Reel Berputar Reel 3000 Seri Reel Umpan Reel Digunakan Dimuat Spining Roda Laut Sungai Memancing Mengatasi|spinning Reel 3000|reels Lurespinning Reel

Kumparan adalah tempat kawat dibungkus. Semakin besar gulungannya, semakin lama kabelnya bisa digulung. Kumparan itu sendiri kemudian bertindak sebagai penahan senar.

Seret adalah aspek penting dari sistem memancing pada gulungan. Peran seret adalah untuk memberikan perlawanan pada ikan selama pertarungan dan membiarkan kawat keluar saat ikan sedang bertarung. Oleh karena itu, sebelum mulai memancing, perhatikan kualitas sistem seret.

Fitur anti mundur ini berfungsi agar pegangan tidak berputar ke belakang artinya pengait set kuat. Jika gulungan masih memiliki putaran balik, Anda harus mencari gulungan jenis lain. Salah satu komponen penting dalam alat tangkap adalah reel, yaitu alat yang digunakan untuk melilitkan senar. Reelnya juga sangat mengesankan untuk penggunaan teknik memancing tertentu. Oleh karena itu, setiap nelayan harus menggunakan alat pancing terbaik untuk hasil yang maksimal.

Saat ini, ada banyak merek alat pancing yang bisa dipilih. Namun, perbedaan reel pancing tidak hanya dari segi merek, tetapi juga spesifikasi dan fungsinya. Untuk membahas semua hal tersebut, silahkan ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini:

Joran Terbaik Untuk Mancing Ultralight (ul)

Sebelum membahas merk reel pancing terbaik, Anda harus kenali dulu apa itu reel pancing. Dengan demikian, Anda dapat memilih setiap komponen dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut pembahasan lengkapnya:

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, reel adalah alat untuk melilitkan atau menggulung kawat pada joran. Seiring berjalannya waktu, reel modern memiliki spesifikasi khusus yang digunakan untuk memancing dengan teknik atau spot tertentu.

Terakhir, gulungan sekarang dikenal untuk 2 jenis utama, gulungan atas dan gulungan bawah. Tentunya setiap reel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk alasan ini, penting untuk melakukan penyesuaian pada teknik dan tempat memancing Anda sebelum memilihnya.

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Namun, banyak joran yang tidak membutuhkan reel untuk mengoperasikannya. Sebut saja tiang atau joran yang biasa digunakan untuk mancing di danau atau sungai. Kebutuhan akan kawat tidak terlalu tinggi pada joran jenis ini, sehingga reel tidak diperlukan.

Tips Mancing, Cara Memilih Jenis Reel Terbaik

Komponen alat tangkap yang penting selanjutnya adalah joran atau joran. Alat ini berfungsi sebagai dudukan reel atau tumpuan senar saat ikan ditarik melawan. Tanpa joran, tentu kita merasakan sakit saat menarik pancing dengan tangan kosong.

Joran juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan bahannya. Jenis joran juga berbeda-beda tergantung dari teknik memancing dan lokasi. Dengan menggunakan joran yang tepat maka penangkapan ikan akan lebih optimal sehingga ikan target dapat ditangkap.

Sedangkan untuk joran untuk laut tentunya joran yang dibutuhkan adalah jenis joran yang kuat, lentur dan panjangnya lebih dari 2 meter. Ini karena kita akan berhadapan dengan ikan-ikan besar, arus laut yang kuat, dan angin yang kencang.

Bisa dikatakan kail adalah tombak dari joran. Seperti pistol, kail menembak. Bentuknya melengkung dengan ujung yang runcing, kail berfungsi untuk mengait ikan ke dalam mulut saat umpan dimakan untuk menarik ikan ke permukaan.

Jual Bearing Maguro 2000 Terbaru

Dalam perkembangannya, mata kail tidak hanya memiliki 1 mata kail, namun telah berkembang menjadi beberapa mata kail. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknik penangkapan ikan yang tidak hanya membidik mulut ikan, tetapi juga bagian tubuhnya.

Tentu setiap kail memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nelayan saat ini juga mengembangkan teknik pengait tubuh ikan. Jika berhasil, cara ini memang ampuh, namun jika terus dilakukan, ikan yang terluka akan mati karena infeksi.

Alat tangkap lain yang tidak kalah pentingnya adalah lanyard. Tanpa senar, tentunya kita tidak bisa menarik ikan keluar dari air. Untuk itu kita perlu menggunakan tali pancing yang kuat dan tidak mudah putus terutama untuk menangkap ikan yang besar.

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Kawat juga berfungsi untuk menarik pelampung, menggerakkan kail, dan menyembunyikan umpan agar ikan bisa memakannya. Akord saat ini sangat bervariasi dengan pilihan bahan, karakter, fungsi, dan jenis.

Tips Merakit Alat Pancing

Berbeda dengan komponen lainnya, float atau pelampung merupakan komponen yang sebenarnya tidak perlu digunakan. Pada beberapa teknik peran pelampung bisa sangat penting, namun pada beberapa teknik lainnya keberadaan pelampung tidak begitu penting.

Pada dasarnya pelampung memberi sinyal kepada kita bahwa umpan telah menyentuh ikan. Terkadang, seekor ikan bisa kabur jika kita tidak segera menangkapnya. Untuk itu gunakanlah pelampung jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal saat memancing.

Jika menggunakan teknik dasar saat fly fishing dan surf casting, peran lead menjadi sangat penting. Pasalnya, komponen ini akan berperan sebagai pemberat agar umpan tidak bergerak menjauh dari tujuan semula sehingga ikan target tetap bisa melihat umpan kita.

Selain itu timah juga dapat menambah jarak lemparan kail yang kita lakukan. Kaleng-kaleng akan bekerja lebih baik untuk tempat memancing di sekitar pantai, yang biasanya memiliki arus dan ombak yang tinggi.

Rekomendasi Merk Reel Pancing Terbaik, Murah Dan Berkualitas

Untuk dapat memilih reel yang tepat, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Itu juga tergantung pada teknik apa yang digunakan, jenis ikan apa yang akan diburu dan di mana Anda ingin memancing. Untuk mengetahuinya, silahkan simak tips berikut ini:

Tips pertama dalam memilih reel pancing terbaik adalah menentukan ukuran tip dan rasio gear. Jika Anda ingin memancing air asin, pastikan ukuran gulungannya mencapai 4.000. Ini berarti gulungan dapat menahan tarikan ikan hingga 4.000 gram.

Ukuran 4.000 juga menunjukkan besarnya putaran handle terhadap spool. Jika perbandingannya 5:1, gelendong akan melakukan 5 putaran untuk setiap 1 putaran pegangan. Oleh karena itu, ukuran gigi sangat penting.

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Dengan begitu, kita bisa lebih spesifik saat ingin mencari reel pancing yang bagus, memutuskan merk atau reel mana yang pas dengan budget tertentu. Jika Anda ingin memancing di air asin, rasio umum 3:1 digunakan untuk keluaran torsi yang baik.

Tips Pemilihan Saiz Kekili Pancing Yang Sesuai Dengan Tali Pancing

Setelah menentukan rasio ukuran dan gear, pemilihan reel pancing terbaik juga bisa ditentukan dari kualitas bahan pembuatnya. Bahan yang paling umum untuk membuat gulungan adalah grafit atau aluminium anodized. Bahan ini dipilih karena membuat reel yang ringan dan kuat.

Tidak hanya itu, logam juga sering digunakan untuk membuat gulungan. Meskipun gulungan yang terbuat dari logam membawa beban yang berat, gulungan tersebut cukup kuat. Selain kedua bahan diatas, ada juga bahan babbitt yang bisa kita temukan sebagai bahan pembuatan reel pancing.

Selain bahan di atas, ada bahan lain yang juga digunakan untuk membuat gulungan. Bahan ini adalah magnesium. Bahan ini digunakan karena tahan lama dan ringan.

Langkah selanjutnya dalam cara memilih reel pancing terbaik adalah menentukan kekuatannya serta jenis reel yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan berbagai jenis reel, seperti spinning reel, casting reel, trolling reel, atau fly fishing reel.

Tips Memilih Reel Spinning Yang Bagus Untuk Pemula

Gulungan ini dirancang khusus berdasarkan teknik memancing yang digunakan untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya. Langkah selanjutnya adalah menentukan kekuatannya. Kekuatan reel biasanya ditulis dengan angka mulai dari 1.000, 2.000, 30.000.

Angka ini menunjukkan seberapa besar ukuran gulungan, serta kapasitas gulungan tali. Selain itu, angka ini juga menandakan seberapa kuat kemampuan reel menahan tarikan ikan saat memancing. Reel bernomor 5.000 berarti dapat menampung ikan hingga 5.000 gram.

Saat kail mengenai ikan, maka akan keluar tendangan dari ikan. Kejutan ini disebut drag. Reel pancing harus mampu menahan guncangan agar dapat menarik dengan benar. Oleh karena itu diperlukan sistem drag yang baik.

Tips Memilih Reel Untuk Laut

Sistem drag yang baik dari reel bekas juga dapat mencegah putusnya senar. Lancar tidaknya putaran spool dipengaruhi oleh adanya ball bearing (gelembung) yang berfungsi sebagai bantalan putar spool. Banyaknya ball bearing tentunya akan memudahkan putaran.

Harga Reel Baitcasting Termurah

Memilih merek yang tepat juga penting untuk memastikan kualitas reel yang digunakan. Shimano, Abu Garcia, Maguro Bara atau masih banyak merk lain yang sudah terbukti kualitasnya. Namun, Anda juga dapat memilih merek reel terbaru, tetapi Anda harus percaya diri.

Beberapa brand rekomendasi yang akan kami bagikan adalah brand-brand ternama dan terpercaya, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Setelah mempelajari beberapa tips memilih reel pancing yang bagus dan kuat di atas, saatnya menentukan merek reel mana yang akan dipilih untuk Anda. Gulungan berikut direkomendasikan oleh kami sebagai gulungan memancing yang harus Anda pilih. Silahkan lihat pembahasan selengkapnya di bawah ini:

Reel pancing terbaik yang kami rekomendasikan pertama kali adalah Shimano AX 2500FB. Brand yang dikenal sebagai penyedia alat pancing ini menghadirkan reel dengan bobot yang ringan, yakni hanya 220 gram. Meski bobotnya ringan, reel ini mampu mengangkat ikan seberat hingga 5 kg.

Mengenal 2 Jenis Lubricant(pelumas) Untuk Perawatan Reel Pancing

Satu

Tips memilih reel baitcasting, reel pancing yang bagus untuk di laut, reel untuk mancing dasaran di laut, tips memilih reel pancing laut, joran dan reel untuk mancing laut, reel untuk mancing di laut, tips memilih reel pancing, memilih reel pancing laut, reel pancing untuk di laut, tips memilih reel, ukuran reel untuk mancing di laut, cara memilih reel pancing laut

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: